Polres Sabang Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun, dipimpin Kapolres Sabang.

Tribratanewssabang – Dalam rangka menyampaikan pencapaian dan upaya peningkatan kinerja, Polres Sabang menggelar Konferensi Pers Akhir Tahun yang dipimpin oleh Kapolres Sabang, AKBP Erwan, SH, MH. Yang digelar di Aula Dhira Brata Polres Sabang dan dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Sabang serta Anggota Persatuan Wartawan Indonesia Kota Sabang, Sabtu (30/12/2023).

 

Dalam konferensi ini, Kapolres Erwan menyoroti tugas pokok Polres Sabang di bidang SDM dan Bidang Operasional. Beliau menekankan pentingnya peran Satuan Lalu Lintas (Lantas), Reserse Kriminal (Reskrim), dan Reserse Narkotika dan Barang Terlarang (Resnarkoba) dalam menangani kasus gangguan Kamtibmas. Upaya penyelesaian kasus tersebut menjadi fokus utama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Sabang.

 

Kapolres Erwan menjelaskan, “Tugas kami tidak hanya terbatas pada penegakan hukum, tetapi juga pada penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan optimalisasi operasional. Melalui konferensi ini, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Sabang.”

 

Tugas pokok bidang SDM mencakup berbagai program pengembangan Personel, pelatihan, dan peningkatan kapasitas, pada tahun 2023 Polres Sabang memberikan Reward/Penghargaan Kepada 45 Personel, ASN Polri 4 Orang, dan 4 orang dari luar Instansi yang mendapatkan apresiasi.

 

Sementara itu, bidang operasional ditekankan sebagai pijakan utama dalam menjalankan tugas kepolisian demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sabang, beliau mengatakan untuk Fungsi Satlantas Perbandingan Laka Lantas tahun 2022 dengan tahun 2023 terhitung mulai tanggal 1Januari 2023 s.d 29 Desember 2023 adanya Penurunan, yang mana Tahun 2022 Sebanyak 64 Kasus dan Tahun 2023 sebanyak 56 Kasus.

 

Sedangkan Gangguan Kamtibmas selama tahun 2022 yang ditangani oleh Sat Reskrim Polres Sabang sebanyak 44 Kasus, sedangkan pada tahun 2023 Sat Reskrim Polres Sabang menangani 51 Kasus, terjadi kenaikan sebanyak 7 kasus. dalam 51 kasus tersebut, diantaranya yang ditangani Polsek Sukakarya ada 4 kasus dan 4 kasus tersebut 2 kasus Restoratif Justice dan 2 kasus Lidik. yang mana dari 51 kasus yang sudah P-21 : 16 kasus, Restoratif justice: 14 kasus, cabut perkara : 9 kasus, tahap sidik : 3 kasus, dan tahap Lidik : 10 kasus. adapun 13 kasus yang masih tahap sidik dan lidik diantaranya kasus, curas: 2 lidik, penelantaran keluarga: 1 lidik, pencurian: 3 lidik, penipuan: 3 lidik, penganiayaan anak di bawah umur: 1 lidik, illegal loging: 1 sidik, ITE: 1 sidik, pemerasan dan pengancaman: 1 sidik

Disela-sela waktu rekan-rekan Wartawan mengajukan pertanyaan sejauh mana proses kasus ITE, Pemerasan dan Pengancaman oleh oknum Wartawan TIY alias Popon, terkait hal tersebut Kasat Reskrim Akp.Buchari,SH menanggapi, Penyidik Polres Sabang telah melakukan pemanggilan sebanyak dua kali, namun yang bersangkutan tidak mengindahkan panggilan penyidik tersebut, kemudian sesuai amanah Pasal 113 KUHAP, penyidik juga berusaha mendatangi tempat tinggal yang bersangkutan dengan membawa surat panggilan ketiga dan untuk dilakukan pemeriksaan, namun yang saat Penyidik tiba di rumah tempat tinggal yang bersangkutan berdasarkan keterangan anak kandungnya bahwa TIY alias Popon sedang di luar kota dan hal tersebut terkesan TIY menghindar dari panggilan penyidik serta menghambat proses penyidikan.

 

Kasus narkoba yang ditangani Polres Sabang pada tahun 2022 jumlah LP 15 kasus, sedangkan di tahun 2023 jumlah 8 kasus, mengalami penurunan sebanyak 7 kasus dengan rincian, jumlah tersangka : 11 orang, 9 Pria, 2 wanita, total barang bukti tahun 2023, Ganja: 17.12 Gr, sabu:8.87 Gr, sisa barang bukti, ganja: nihil, sabu: 4.98 Gr, data penyelesaian kasus tahun 2023, P-21: 5 kasus, tahap I: 3 kasus, sidik: nihil, Penyelesaian perkara sat Resnarkoba polres sabang periode Januari s.d Desember 2023 Perbandingan kasus narkoba 2022-2023, mengalami penurunan.

 

Acara ini menjadi momentum penting untuk mempererat hubungan antara Polres Sabang dan wartawan. Kolaborasi yang baik diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di Kota Sabang.

 

Dalam kesempatan ini, Kapolres Sabang juga mengharapkan kepada masyarakat dan semua stakeholders baik secara langsung maupun tidak langsung untuk dapat bekerjasama dengan Polres Sabang sekaligus mengawasi atas kinerja Polres Sabang, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik menjadi semangat bersama yang terus diupayakan oleh Polres Sabang, guna membangun citra Polri yang semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *