Ketua Bhayangkari Cabang Sabang kunjungi acara Lomba Balita Sehat Di Kantor Geucik Gampong Kuta Barat Sabang

Tribratanewssabang – Bhayangkari Cabang Sabang menghadiri acara Lomba Balita Sehat yang digelar dalam rangka sambut HUT Kota Sabang ke 58 tahun 2023. Sebanyak puluhan balita Gampong Kuta Barat mengikuti berbagai kegiatan lomba yang sifatnya merangsang motorik anak, Selasa (20/06/2023).

Puluhan balita berusia 0–5 tahun nan lucu dan menggemaskan berkumpul di aula Kantor Geucik Gampong Kuta Barat Kec. Sukakarya Kota Sabang. Ketua Bhayangkari Cabang Sabang Ny. Siska Erwan bersama pengurus Bhayangkari Cabang Sabang yang mana mendampingi Kapolres Sabang AKBP Erwan SH,MH, sebagai Bapak Asuh Stunting di Gampong Kuta Barat.

Ketua Bhayangkari Cabang Sabang Ny. Siska Erwan dalam kunjunganya menyampaikan “Mereka para balita bersama ibunya datang untuk menunjukkan berbagai kemampuannya di hadapan tim penilai Puskesmas Sukakarya Sabang “.

Adapun lomba yang diadakan dan dinilai diantaranya, lomba menimbang berat badan anak serta pemeriksaan fisik anak oleh Ketua Tim Puskesmas Sukakarya Ibu Hanum.

Ny. Siska Erwan menambahkan, kegiatan ini akan rutin digelar untuk memberikan dukungan bagi orang tua yang telah mengawal masa tumbuh kembang anak sejak kehamilan hingga usia balita.
Sekaligus untuk melihat perkembangan motorik dan kognitif balita.

“Usia golden periode (lima tahun pertama) adalah masa penting pertumbuhan manusia, sehingga menjadi perhatian utama kita. Kita ingin agar lomba ini memacu orang tua untuk lebih memperhatikan nutrisi di usia perkembangan ini sekaligus bagaimana edukasi untuk seusia mereka,” katanya.

Dalam lomba ini, para orang tua juga mendapat sosialisasi tentang pemberian nutrisi yang baik untuk perkembangan anak. Seperti, menghindari pemberian garam saat makanan panas.

“Pemberian nutrisi yang tepat dan stimulasi yang sesuai akan mendukung perkembangan sel otak yang optimal. Maka, dengan peningkatan kesadaran para orang tua tentang hal ini, kami harap anak-anak balita Gampong Kuta Barat bisa tumbuh menjadi generasi penerus yang berkualitas, sehat, cerdas, dan tangguh untuk modal menuju Kota Sabang yang lebih baik,” ujarnya.

Di acara itu, para peserta mendapatkan berbagai pemeriksaan di antaranya, antropometri (berat badan, tinggi badan, lingkar kepala), riwayat kehamilan, imunisasi, pemberian makanan pertama (ASI atau tidak), faktor keluarga (asap rokok, penggunaan air bersih, dan jamban bersih), serta periksa gigi.

Ny Siska Erwan juga menghimbau, agar selalu membawa Balita ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap dan pengetahuan tentang Balita. “Imunisasi yang lengkap kepada anak-anak balita kita akan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya di masa yang akan datang,” pesan Ketua Bhayangkari Cabang Sabang Ny. Siska Erwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *