Kapolres Sabang Hadiri Apel Gelar Pasukan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Di Lapangan Yos Sudarso Sabang

Tribratanewssabang – Kapolres Sabang AKBP Erwan SH, MH, menghadiri Gelar Pasukan Dalam Rangka Latihan Penanggulangan Bencana Alam Terintegrasi Dan Bersinergi Bersama Forkopimda Sabang Dan Komponen Bangsa Lainnya bertempat di Lapangan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kec. Sukajaya Kota Sabang, Senin (05/06/2023).

Plt. Sekda Kota Sabang, Andri Nourman AP, M.Si sebagai inspektur upacara membacakan amanatnya menyampaikan “Pemerintah Kota Sabang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersinergi dengan TNI/Polri dan seluruh perangkat daerah serta elemen masyarakat lainnya telah, sedang dan terus melaksanakan pelatihan dalam rangka mencegah terjadinya ketidaktahuan tindakan dalam”

” Kita ketahui bersama bencana alam dapat timbul dimana saja secara mendadak, hal itu tentunya menuntut kita untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana alam “, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Sabang AKBP Erwan SH, MH, usai apel tersebut menyampaikan “Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemerintah Kota Sabang dalam penanggulangan bencana alam,”.

Untuk menghadapi fenomena terjadinya bencana alam di tahun 2023, tentunya kita harus menyikapi secara sungguh-sungguh dengan siap siaga, waspada dan antisipasi sedini mungkin di wilayah Kota Sabang, yang dalam hal ini memiliki potensi banjir dan tanah longsor dengan segala akibat atau dampak yang dapat menimbulkan jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi dapat ditekan sekecil mungkin.

Petakan serta pantau setiap perkembangan situasi yang terjadi pada daerah-daerah yang dianggap rawan terjadinya bencana.

” Dan nantinya saya juga akan mengarahkan para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sabang untuk melakukan sambang dan beri himbauan kepada warga masyarakat pada daerah yang potensial terkena dampak bencana, agar bersedia selalu waspada saat terjadinya bencana alam untuk mempersiapkan diri sedini mungkin “, tambahnya

Pelaksanaan pelatihan bersama ini juga merupakan suatu bentuk respon cepat dalam penanganan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi kapan saja dan personil siap sedia turun dilapangan saat dibutuhkan cepat dan melaporkan hasil pelaksanaan penanganan bencana alam kepada pimpinan.

Seusai Kegiatan Apel Gelar Pasukan Latihan Penanggulangan Bencana Alam, acara dilanjutkan dengan: pelaksanaan infeksi pasukan apel gelar pasukan oleh unsur Forkompinda Sabang dan TNI/Polri, dalam rangka latihan penanggulangan bencana alam tahun 2023, sosialisasi BMKG dan BPBD Kota Sabang, Pelaksanaan Driil Teknis (Materi) Latihan Penanggulangan Bencana Alam, dan Drill Tektis (Simulasi) Latihan Penanggulangan Bencana Alam.

Dalam kegiatan apel tersebut tokohForkopimda Sabang hadir diantaranya: PJ. Walikota Sabang diwakili, Plt. Sekda Kota Sabang, Andri Nourman AP, M.Si, Kapolres Sabang, AKBP Erwan, S.H., M.H., Dandim 0112/Sabang, Letkol Inf Ahmad Sobirin, Danlanud MUS Sabang, Letkol Pnb Fahrul Rozi, S.T.M.I.Pol, Danlanal Sabang diwakili, Palaksa Lanal Sabang, Letkol Laut (T) Muhammad Akbar, S.T, Kadinkes Sabang, dr. Edi Suharto, Kadis PUPR, Ir. Lukman dan Kepala Pelaksana BPBD Sabang, Luqman Nurhakim, S.T., M.T.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *