Sinergitas TNI-Polri, Kapolres Sabang Hadir Puncak Penanaman Pohon Mangrove Serentak Se- Indonesia

TRIBRATANEWSSABANG –  Kapolres Sabang AKBP Erwan, SH,MH, menghadiri puncak penanaman pohon mangrove yang berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia di lokasi kawasan pesisir pantai cot neuheun gampong jaboi Kec. Sukajaya Kota Sabang, Senin (15/05/2023). Kegiatan ini juga menyukseskan program puncak penaman mangrove nasional bersama Presiden. Kapolres Sabang AKBP Erwan, SH,MH, menyampaikan aksi penanaman Magrove dengan tema Magrove for life ini merupakan bagian dari sinergitas TNI-Polri untuk melestarikan lingkungan. Sebab, Sangat berdampak positif bagi masyarakat dan dapat menghijaukan kawasan pantai. “Mangrove ini memiliki peran ekonomis yang besar bagi kehidupan manusia dalam rangka menumbuhkan ekosistem alam dan juga mencegah abrasi laut,” ujarnya.

“Dilokasi ini ada sejumlah 10.500 bibit mangrove yang ditanam, Mangrove tidak hanya menjadi tempat tinggal berbagai jenis flora dan fauna, tetapi melindungi wilayah pesisir dari dampak kerusakan akibat angin kencang, gelombang pasang dan abrasi pantai,” ucapnya. Dia menambahkan, upaya penanaman Mangrove ini memiliki dampak jangka panjang yang sangat positif bagi lingkungan. “Kita semua berperan penting sebagai agen perubahan yang berkelanjutan untuk lingkungan dengan bergotong royong kita bisa mencapai tujuan bersama dalam menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati pesisir,” ujarnya Dari segi manfaat, akar mangrove diketahui dapat memperlambat pergerakan air pasang surut, menyebabkan sedimen mengendap dari air dan membangun dasar berlumpur.

Hutan mangrove juga dapat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus, ombak, dan pasang surut Selain itu, sambungnya, penanaman mangrove juga bagus untuk mengurangi laju erosi atau pengikisan tanah yang menyebabkan hilangnya unsur hara dan kesuburan tanah, serta mencegah abrasi di wilayah pesisir. “Semoga penanaman pohon mangrove ini bisa bermanfaat, baik untuk Aceh secara umum atau masyarakat Aceh wilayah pesisir,” “Saya berharap kita semua menyadari pentingnya menjaga memulihkan ekosistem, mari kita jadikan penanaman mangrove ini sebagai langkah awal dalam membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya kesadaran lingkungan bagi generasi untuk masa mendatang,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *